Mengenal Ekosistem Defi(Decentralized Finance)Vexanium Rex

Arif Trick
ilustrasi Vexanium REX

Teknologi Blockchain benar-benar memulai keberhasilannya dengan implementasinya di bidang cryptocurrency, meskipun pertama kali dikenalkankan pada tahun 1991. Teknologi ini adalah platform yang ada di balik kisah sukses Bitcoin dan cryptocurrency lainnya. “Blockchain” telah menjadi kata yang populer bagi banyak startup di sektor IT. Salah satunya adalah startup blockchain asal Indonesia yakni Vexanium yang berfokus pada infrastruktur publik blockchain di tanah air yang kini sudah mulai banyak digunakan oleh berbagai jenis industri di Indonesia, Sekarang ini semakin banyak perusahaan di luar industri IT yang melihat manfaatnya, mulai mengadopsi hingga menggunakannya guna menunjang bisnis mereka sehari-hari, oleh karena itu perbankan bukanlah satu-satunya industri yang menggunakannya hari ini, karena berbagai startup mulai menerapkan teknologi blockchain dalam membantu operasional harian mereka.

Apa itu Defi?

ilustrasi Defi(Decentralized Finance)

Menurut situs digitalis.id DeFi(Decentralized Finance) merupakan sebuah sistem yang bertujuan untuk menghadirkan layanan keuangan terbuka, tanpa izin, transparan, immutable dan tersedia bagi setiap orang tanpa adanya otoritas terpusat. Hal ini bisa dilakukan DeFi karena teknologi smart contract yang tersedia dibaliknya, hal ini memungkinkan developer apps membangun fungsionalitas apps yang jauh lebih canggih dan lebih luas pemanfaatannya bukan hanya sekadar mengirim atau menerima mata uang digital saja namun transaksinya dapat dilihat dan dilacak oleh siapa saja yang membutuhkan data tersebut. DeFi dapat menjadi alternatif global untuk setiap layanan keuangan yang digunakan saat ini. Misalnya tabungan, simpan-pinjam(pinjaman), perdagangan, asuransi, arisan dan layanan keuangan lainnya, Defi dapat diakses siapa saja di dunia dengan hanya menggunakan smartphone dan koneksi internet.

Perbedaan Defi(Decentralized Finance) dengan Cefi(Centralized Finance)?

Beberapa perbedaan Defi(Decentralized Finance) dengan Cefi(Centralized Finance)

Pertama yang membedakan DeFi dengan Cefi adalah bentuk atau cara pengelolanya. Jika Cefi dikelola oleh institusi, badan usaha, dan perusahaan, sedangkan DeFi cara pengelolanya dengan cara menggunakan smart contract artinya segala aturan ditulis di dalam kode smart contract yang kemudian disebarkan ke dalam blockchain, dan nantinya DeFi dapat menjalankan sendiri operasinya dengan sedikit atau bahkan tanpa campur tangan manusia.

Kedua adalah transparansi, kode program yang ada di teknologi ini bisa dilihat siapa saja. Semua aktivitas transaksi terbuka namun dengan nama samaran yang merepresentasikan tiap ID user yang menggunakan layanan tersebut. Sehingga meski sifatnya sangat transparan, pengguna tetap memiliki privasi.

Ketiga Jika Cefi belum bersifat global dan hanya terbatas di satu negara saja, sedangkan DeFi dari awal sudah dirancang untuk global dan bisa digunakan lebih dari satu negara. Misalnya satu pengguna ada di Amerika dan satu lagi ada di Indonesia, kedua pengguna itu tetap memiliki akses ke layanan dan jaringan DeFi yang sama.

Perbedaan keempat dari Cefi adalah memiliki izin khusus atau rumit, DeFi justru sebaliknya, siapapun bisa berpatisipasi dan menggunakaannya tanpa perlu izin khusus.

Dalam kehidupan sehari-hari kita sering menjumpai Cefi seperti Bank konvensional, perusahaan asuransi, perusahaan startup fintech yang sedang menjamur di Indonesia.

Mengenal Defi Vexanium REX

ilustrasi Vexanium REX

REX adalah kepanjangan dari “Resource EXchange” (Pertukaran Sumber Daya VEX) atau Decentralized Marketplace dari “Network Resource” di blockchain Vexanium, REX juga merupakan DEFI(decentralized Finance dalam Penyewaan Resource) yang masuk dalam kategori defi simpan-pinjam. Dengan adanya REX pengguna Aplikasi berbasis blockchain vexanium bisa mendapatkan resource yang dengan biaya lebih rendah, sedangkan bagi pemilik token REX bisa mendapatkan passive income berupa biaya sewa resource dengan risiko rendah. VEX REX memungkinkan pengguna untuk menyewakan sumber daya jaringan mereka (CPU / NET) kepada pengguna lain selama 30 hari dengan persyaratan pinjaman.

Sumber Pendapataan(dividen) VEX REX berasal dari perdagangan RAM, Lelang nama akun (Premium NameBid), penyewaan CPU+NET , dan sewa/Loan CPU +NET). Hal ini merupakan kreasi yang pertama kali diusulkan oleh Vexanium foundation pada bulan Juni 2020. Ini adalah pasar Pertukaran Sumber Daya yang dibuat dalam Vexanium blockchain yang memungkinkan untuk penyewaan bebas resource bandwith(CPU & NET), dengan adanya REX ini maka merupakan sebuah solusi daru masalah yang ada pada platform blockchain vexanium kedepannya. Pemberi pinjaman resource dapat mengonversi VEX mereka dan menghasilkan keuntungan yang stabil(passive income), sementara untuk para pengembang dan pengguna Dapps yang membutuhkan resource dapat meminjam VEX mereka dengan membayar biaya yang relatif jauh lebih kecil. untuk detail soal informasi VEX REX bisa dibaca disini, untuk tutorial cara penggunaanya bisa dilihat disini.

3 Ekosistem Dapps Vexanium REX

Dengan semakin populernya VEX REX ini dikalangan user cryptocurrency dan non cryptocurrency setidaknya saat ini sudah ada 3 Developer berbeda asal Indonesia yang telah membuat GUI(Graphical User Interfaces) Dapps VEX REX yang bisa mengakses dan menggunakan VEX REX dari masing-masing user account VEX mereka masing-masing, berikut adalah daftar 3 Dapps VEX REX yang telah tersedia di blockchain Vexanium dan portal Dapp.com :

  1. VEX REX DEFI
icon / logo VEX REX DEFI
ilustrasi VEX REX Defi

Dapps ini di kembangkan dan dilaunching oleh Vexanium foundation pada tanggal 7 Juli 2020 dan merupakan Dapps terfavorit dengan GUI terbaik dan terlengkap menurut penilaian saya dimana Dapps ini memiliki fitur :
+Deposit VEX to Buy REX
+Withdraw REX Fund To be VEX
+Buy REX
+Sell REX
+Borrow CPU / NET
+Vote Proxy BPs
Serta banyak informasi lain yang ditampilkan di Dapps VEX REX DEFI ini seperti :
+Overview REX Statistic
+REX Price & Chart
+Resource Rates
+Manage Rex Saving
+View REX Maturities
+View REX Balance
+View VEX Balance
+View Expired Loan(CPU+NET) Order

2. REX BPXYZ

icon / logo REX BPXYZ
ilustrasi REX BPXYZ

Dapps ini di kembangkan dan dilaunching oleh developer EkasepBanjar, dimana developer Dapps ini merupakan salah satu dari Top 21 Block Producer Vexanium, Dapps ini dilaunching pada tanggal 7 Juli 2020 dan merupakan salah satu Dapps dengan GUI teringkas(simple) dan teringan dimana Dapps ini memiliki fitur :
+Deposit VEX to Buy REX
+Withdraw REX Fund To be VEX
+Borrow CPU / NET
+History user Borrow CPU / NET
+Update Saldo REX
+Vote Proxy BPs
Serta terdapat informasi lain yang ditampilkan di Dapps REX BPXYZ ini seperti :
+Overview REX Statistic

3. DApp Tools VappHost

icon / logo DApp Tools VappHost
ilustrasi DApp Tools VappHost

Dapps ini di kembangkan dan dilaunching oleh Developer dengan akun Anonimous, Dapps ini merupakan salah satu yang bisa melakukan voting langsung dengan Top 21 Block Producer Vexanium, Dapps ini dilaunching pada tanggal 7 Juli 2020 dan merupakan salah satu Dapps dengan GUI teringan dimana Dapps ini memiliki fitur :
+Vote Top 21 BPs
+Update Saldo REX
Serta terdapat informasi lain yang ditampilkan di Dapps REX BPXYZ ini seperti :
+Overview VEX Account Statistic

Kesimpulan

Untuk saat ini, REX adalah cara mudah untuk menghasilkan pendapatan pasif (Pasive Income) bagi pemegang VEX coin yang tidak mau repot-repot terlibat dalam BPs di network vexanium, REX merupakan tempat kita menemukan sumber daya murah untuk masyarakat khususnya developer dan pemain dapp vexanium, dan yang perlu digaris bawahi adalah Tidak mungkin menerima jumlah VEX coin lebih sedikit pada saat menjual token REX daripada jumlah VEX coin yang kita miliki saat penukaran awal. Jadi, strateginya sederhana, semakin awal pengguna memegang untuk REX maka akan semakin baik. Ingat, setelah pengguna membeli token REX mereka akan ingin memindahkan semua VEX coin mereka ke REX, pengguna lebih merasa aman dengan cara menstake VEX coin mereka di akun VEX mereka masing-masing (jika tujuannya untuk mendapatkan deviden dari REX serta untuk memegang token REX jangka panjang).

来源

What do you think?

发表评论

电子邮件地址不会被公开。 必填项已用*标注

Loading…

0

Comments

0 comments

Block Pro aim to build financial inclusion through the property sector.

Recent System Updates